Sabtu, 27 Juli 2013

Tugas PKN

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Sila-sila Pancasila
 
 





Nama         : Arya Rizky Aldiansyah
No              : 03
Kelas         : VIII D
1.   Contoh Perilaku positif sila ke-1 “Ketuhan Yang Maha Esa” tentang kerukunan beragama
Description: http://farm3.static.flickr.com/2789/4318944756_dcddc1f019_o.jpg
2.   Contoh Perilaku positif sila ke-2 “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab” tentang kegiatan menolong korban bencana alam
3.   Contoh Kegiatan Positif Sila Ke-3 “Persatuan Indonesia” tentang upacara bendera
4.   Contoh Kegiatan Positif Sila Ke-4 “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Permusyawaratan/Perwakilan” tentang pelaksanaan pemilu
5.   Contoh Kegiatan Positif Sila Ke-5 “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” tentang kegiatan pengrajin rotan
Sila 1
          Gambar diatas merupakan gambar kerukunan beragama. Di Indonesia merupakan negara beragama karena menganut beberapa agama yaitu Isla, Kristem, Katolik, Hindu, Budha. Walaupun kita berbeda agama, kita tidak boleh saling membeda-bedakan agama. Kita harus salin menghormati dan rukun thd umat beragama. Karena nilai tersebut tercantum pada pancasila sila pertama yg berarti “ketuhanan yang Maha Esa”
-       kehidupan bernegara bagi Negara Republik Indonesia berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa;
-       Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama serta untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannnya;
-        Negara menghendaki adanya toleransi dari masing-masing pemeluk agama dan aliran kepercayaan yang ada serta diakui eksistensinya di Indonesia;
-       Negara Indonesia memberikan hak dan kebebasan setiap warga negara terhadap agama dan kepercayaan yang dianutnya.


Sila 5
          Agar warga negara dapat menghargai karya orang lain sebagai bagian dari penghargaan atas hak cipta. Proses penciptaan suatu karya membutuhkan suatu usaha yang keras dan tekun, oleh sebab itu dihargai. Perwujudan dari sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang merupakan pengamalannya, setiap warga harus mengembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajibanya serta menghormati hak-hak orang lain.
Demikian perlu dipupuk sikap suka memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukan agar dapat berdiri sendiri

Sila 2
1.    Gambar diatas merupakan gmbr ttg kegiatan menolong korban bencana alam. Nilai2 tsb tercantum pada sila kedua yg brbunyi “kemanusiaan yg adil dan beradab” Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan diartikan gemar melakukan kegiatan kemanusiaan sehingga setiap manusia dapat hidup layak, bebas, dan aman. Kegiatan ini dapat di lakukan seperti kegiatan donor darah, memberikan santunan anak yatim piatu, orang yang tertimpa musibah dan orang yang tidak mampu.

Sila 3
Gambar di atas merupakan gambar tentang upacara bendera kegiatan di atas merupakan kegiatana rasa nasionalisme
Sila ke -3 ini mempunyai maksud mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai perbedaan agama, suku, bahasa, dan budaya. Sehingga dapat disatukan memlalui sila ini berbeda-beda tetapi tetep satu atau disebut dengan Bhineka Tunggal Ika.

Sila 4
Gambar diatas merupakan gambar tentang pemilihan umum
 Sila ke-empat pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” memiliki makna :
·       Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
·       Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
·       Mengutamakan budaya bermusyawarah dalam mengambil keputusan bersama.
·       Bermusyawarah sampai mencapai consensus ataukatamufakat diliputidengansemangat kekeluargaan.

Sila 5
Gambar diatas merupakan gambar tentang pengrajin rotan

Pancasila yakni sila ke -5 yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Fungsi dari nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ke-5 ini berfungsi sebagai tujuan negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar